Game viral “Mobile Legends” akan di delete pada Juli 15, 2023

Mobile Legends adalah suatu game populer di seluruh Asia, termasuk Indonesia. Tetapi, karena tidak bekerja sama nya Moonton (developer dan pengembang Mobile Legends) dengan pemerintah Indonesia dan Singapura, pemerintah Indonesia dan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), pemerintah Indonesia dan Kemendikbud menyepakati penghapusan Mobile Legends dari infrastruktur jaringan Indonesia, App Store iOS, dan Play Store di Android.

Tapi kenapa? Karena Moonton menolak untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia. Ini adalah hak privasi yang direformasi untuk semua warga negara Indonesia dan Moonton menolak karena menganggap kebijakan privasi mereka sudah memadai. Tetapi pemerintah Indonesia dengan tegas mengatakan bahwa tidak boleh ada komunikasi audio atau obrolan yang tidak dimoderasi dalam semua jenis aplikasi kecuali disebutkan dan diizinkan secara tegas.

Penghapusan Mobile Legends mungkin bersifat permanen. Setelah 15 Juli 2023, jika Moonton tidak bekerja sama dalam waktu 18 hari, Kemendikbud terpaksa menghapus Mobile Legends dari infrastruktur Indonesia, Google Play dan App Store versi Indonesia untuk iOS, dan tidak pernah menghubungi atau melakukan ping ke orang Indonesia mana pun dengan SIM Indonesia kartu dan alamat IP (alamat teknologi).